Masya Allah...!!! Berdzikir dengan ruas jari tangan ternyata inilah kelebihan dan keutamaanya menurut Rasulullah SAW - Dakwah muslim muda

Masya Allah...!!! Berdzikir dengan ruas jari tangan ternyata inilah kelebihan dan keutamaanya menurut Rasulullah SAW

Dzikir adalah salah satu ibadah yang utama. dalam sebuah riwayat disebutkan, perbandingan orang yang berdzikir dengan orang yang tidak berdzikir sepereti orang yang hidup dengan orang yang mati.

kebutuhan manusia dengan dzikir tak jauh berbeda dengan ikan dan air.
disebutkan secara hasan dalam sunan abu dawud dan sunan At-Tirmidzi Rasulullah SAW. memberitahukan kepada seorang shahabiyah yang ikut hijrah ke madinah agar menghitung dzikir dengan menggunakan ruas jari tangan.

Apa hikmah di balik perintah itu ?

امرهن ان يراعين بالتكبيروالتقديس والتهليل وان يعقدن بالانامل، فانهن مسؤولات مستنطقات

Anna an-nabiyya amara hunna an-yura’iina bi at-takbiiri wa at-taqdiisi wa at-tahliili, wa an-ya’qidna bil anaamili, fa innahunna mas-uulaatun mustanthiqaatun.

nabi memerintahkan agar kaum wanita selalu membiasakna amalan dengan membaca kalimah takbir, tahmidz, taqdis dan tahlil, dihitung dengan ruas tangan jarinya karena di hari kiamat kelak, ruas jari-jari tangan tersebut akan diminta keterangan dan dituntut untuk bicara.

"aku kata Abdullah bin umar, telah melihat Rasulullah SAW menghitung-hitung bacaan tasbihnya." di dalam riwayat jalur lain juga disebutkan "Rasulullah SAW menghitung bacaan dzikir, dengan jari tanganya"

Inilah hikmah agungnya, apalagi terkait penggunaan biji tasbih, para ulama berbeda pendapat, sebagian membolehkanya, sebagian lainya tidak menganjurkan dan menganggap sebagai amalan Bid'ah.

sedangkan menggunakan ruas jari tangan, maka amalan ini langsung direkomendasikan oleh Rasulullah SAW melalui hadist yang di riwayatkan oleh Abdullan Bin Umar dalam kitab sunan yang utama dalam islam.

Kelak, jemari-jemari kita akan bersaksi dihadapan Allah SWT, bahwa ruas jari-jari tersebut digunakan untuk berdzikir menyebut-nyebut nama Allah SWT.

Wallahu'alam semoga bermanfaat, boleh di share untuk kebaikan mengingatkan orang yang belum tahu :)



0 Komentar untuk "Masya Allah...!!! Berdzikir dengan ruas jari tangan ternyata inilah kelebihan dan keutamaanya menurut Rasulullah SAW"

Post a Comment

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel